Bimtek Laboratorium Tingkat Dasar

18 June 2015 | By admin in Laboratorium Lingkungan

Buntok, 18 Juni 2015

Foto bersamaa8 Juni sampai 12 Juni 2015 yang lalu, PPE ekoregion Kalimantan menyelenggarakan bimbingan teknis laboratorium tingkat dasar yang diadakan di Serpong, Tangerang Selatan. Peserta dalam Bimtek ini adalah semua laboratorium di bawah bimbingan Kementerian Lingkungan Hidup khususnya wilayah Kalimantan. Ada 34 Kabupaten / Kota di seluruh wilayah Kalimantan yang diundang. Dimana masing-masing Kabupaten berhak mengirimkan masing-masing 2 (dua) petugas laboratorium untuk mengikuti bimtek tersebut. Tujuan dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan personil laboratorium.

Selain teori di dalam kelas, peserta juga berkesempatan untuk terjun langsung ke lapangan untuk pengambilan sampel air. Dimana dilakukan sampling terhadap air sungai Cisadane yang kemudian dilakukan analisa lapangan untuk beberapa parameter fisika dan ada juga sampel yang dibawa ke laboratorium untuk analisa lebih lanjut.User comments

Dengan adanya bimtek ini diharapkan para personil laboratorium dapat menyajikan data yang valid dan tepercaya sesuai dengan metode standar yang berlaku dengan menerapkan jaminan mutu dan pengendalian mutu. Sehingga nantinya dapat diterapkan di daerah masing-masing untuk menyajikan informasi kualitas lingkungan yang benar kepada masyarakat.

User comments

Kegiatan ini selaras dengan tema Hari Lingkungan Hidup tahun 2015 yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, MIMPI DAN AKSI BERSAMA UNTUK KEBERLANJUTAN KEHIDUPAN DI BUMI. Hal senada yang juga diutarakan Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Kalimantan Bapak Ir. Tri Agung Laksana “banggalah dengan profesi sebagai petugas laboratorium, karena data yang diperoleh sangat berarti bagi keberlangsungan lingkungan. Tidak mungkin kita menuntut generasi penerus bangsa yang berkualitas jika lingkungan tempat hidupnya telah rusak.”foto3

Personil laboratorium merupakan ujung tombak dalam mendapatkan data kualitas lingkungan, karena data tersebut memberikan informasi faktual tentang kondisi (status) lingkungan masa sekarang dan kecenderungan kondisi masa lalu sehingga dapat dirancang alternatif pengelolaan lingkungan hidup yang akan diterapkan di masa datang.

Leave a Comment