Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kab. Barsel Tahun 2014

25 December 2014 | By admin in Lingkungan Hidup

8

Setelah melalui proses pemilihan yang dilakukan selama 3 (tiga) hari, Dewan Juri akhirnya menetapkan Assa Watari Joan dan Erwin Syahrozy perwakilan dari SMA Negeri 1 Dusun Selatan Terpilih sebagai Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Selatan Tahun 2014 dalam Acara Puncak Pemilihan yang dilaksanakan oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Selatan di Aula Hotel Afiat Jaya Buntok.

Dalam Kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan ini diikuti oleh 14 Orang Perwakilan dari Sekolah Menengah atas dan Perguruan Tinggi di Wilayah Kabupaten Barito Selatan. Dalam Pemilihan ini komponen yang dilakukan penilaian meliputi :

  • Intelegensia 75% yaitu : Pengetahuan umum, Psikotest, Pengetahuan Lingkungan, Kemampuan Komunikasi, dan English Speaking.
  • Penampilan (Perfomance) 25% yaitu Kerapian dan Sikap (attitude)

Penilaian dilakukan sejak kunjungan lapangan sampai hari puncak pemilihan.

 

Bupati Barito Selatan dalam Sambutannya yang dibacakan oleh Assisten II Bapak H. Suhardi mengatakan bahwa Ajang Pemilihan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pemahaman masalah lingkungan dari kalangan generasi muda tingkat SLTA  di Buntok yang nantinya bisa menjembatani permasalahan lingkungan baik ditingkat sekolah/perguruan tinggi maupun di lingkungan masyarakat. Dengan kegiatan ini di harapkan calon-calon Duta Lingkungan dengan pengetahuan lingkungan yang dimiliki ada kontribusi yang berarti paling tidak terhadap lingkungan sekitarnya atau dalam rumpun keluarga

Sebelum Acara Puncak, para Calon Duta Lingkungan Hidup ini di ajak ke lapangan untuk melihat proses Pengolahan Air Limbah perusahaan Karet PT. Bumi Asri Pasaman yang berada di desa Danau Sadar. Setelah itu meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah yang berada di Desa Rikut Jawu  serta Kunjungan ke Laboratorium Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Selatan di Desa Sanggu terakhir dilakukan Technical Meeting di Tempat Wisata Danau Sanggu.3

2456

Leave a Comment